Usaha Dan Semangat Bersedekah

Lelaki yang saat ini te­ngah menempuh pendidikan ma­gister manajemen itu ber­hasil membangun bisnis ber­­nama PT Lintas Samudra Ka­­limantan Haji Joko Slamet SH.

Perusahaan ini menjalankan beragam jenis usaha deng­an omzet jutaan rupiah per ha­ri. Joko menceritakan, awal di­ri­nya membangun PT Lintas Sa­­mudra Kalimantan hanya bermodal kepercayaan serta ba­­nyak bergaul dan meng­ama­l­kan sedekah.

Ia mengaku tidak pernah mem­batasi pergaulannya. Mu­lai dari kalangan mene­ngah ke atas, menengah ke bawah, hingga kaum duafa se­kalipun. Ia memiliki filosofi hidup, ba­nyak teman banyak rezeki. “Itu pepatah orang bahari,” ujarnya. Ia menceritakan, untuk mem­bangun suatu bisnis ha­rus dimulai dengan rasa op­timisme dan semangat wirausa­ha.

Buktinya, pertama kali man­­jalankan bisnisnya, ia ha­­nya memiliki satu orang kar­­yawan. Namun, berkat ker­­ja keras dan doa, usaha­nya telah sukses. Bahkan ki­ni dirinya telah memiliki 40 karyawan.

Ia mengakui banyak orang ingin sekali berwirausaha. Na­mun sering kesulit­an dalam menumbuhkembangkan se­mangat wirausaha. “Me­num­­buh­kan semangat dalam ber­­wirausaha itu tidaklah dah,” tutur lelaki berpe­nam­­pilan sederhana ini.

Mungkin awal-awalnya se­ma­­ngatnya menggebu-gebu. Te­­tapi ketika usaha yang di­­jalankan tidak membuahkan hasil atau membuahkan ha­­sil tapi tidak memuaskan, ter­­kadang semangat itu luntur. Bisa juga usaha yang dija­lan­­­kan membuahkan hasil. Te­­tapi mungkin karena pada dasarnya memang bersifat pe­ma­las, bisnis jadi tidak ber­kembang.

Nah untuk itu perlu adanya ca­ra untuk dapat mengem­bang­kan semangat dalam wi­rausaha supaya tetap stabil. Cara-cara atau tipsnya yai­tu, pertama jangan lupa ber­doa dan perbanyak sede­kah.

Kedua, ingatlah selalu mim­pi-mimpi yang ingin diraih. Mun­gkin mimpi ingin memili­ki rumah, mimpi ingin memili­ki mobil, dan lain-lain. Imp­ikan­lah terus-menerus dan ber­usahalah mewujudkannya melalui wi­ra­usaha.
Ketiga, jangan patah sema­ngat bila ada rintangan yang meng­hadang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *