Sedekah tak Dilihat dari Jumlahnya, tapi Niat dan Caranya

Sedekah itu tidak dibatasi oleh jumlah dan waktu, tapi diberikan secara sukarela dan ikhlas.Hal ini telah disampaikan sejumlah cendikiawan dan ulama muslim, bahwa terdapat ratusan dalil yang menegaskan bahwa Allah swt memberikan pahala yang berlipat ganda dan memuliakan mereka yang bersedekah.

Berdasarkan kitab yang berjudul Al Inaafah Fimaa Ja’a Fis Shadaqah Wad Dhiyaafah, ada beberapa keutamaan sedekah, pertama sebagai penghapus dosa. Ada dalil hadist Rasulullah saw yang mengatakan bahwa sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Kedua, dengan bersedekah bisa membawa berkah pada harta yang dimiliki, sesuai dengan hadist Rasulullah saw yang berbunyi, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginnya (HR.Muslis).”

Ketiga, janji Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah sesuai ayat Qur’an Surah al-Hadid ayat 18 yang memiliki arti, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Keempat, Allah telah menyiapkan pintu surge khusus bagi mereka yang bersedekah. Berdasarkan Hadir Riwayat Bukhari, menjelaskan bahwa mereka yang berasal dari golongan orang-orang yang mendirikan shalat, maka ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mijahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.

Dan yang kelima, dengan bersedekah, kita dapat terbebas dari siksa kubur.

Maka dariitu,ada baiknya kita bersedekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *