Sedekah di Bulan Puasa

BULAN Ramadhan adalah bulan yang sangat dirindukan bagi seluruh umat Muslim dimanapun, karena semua amalan di bulan tersebut akan dilipatgandakan. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi.

Salah satu keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan adalah bahwa di bulan mulia ini, setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan, termasuk sedekah. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya manusia mudah terpedaya godaan setan yang senantiasa mengajak manusia meninggalkan kebaikan, setan berkata, “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus.” (Qs. Al A’raf: 16).

Sehingga manusia enggan dan berat untuk beramal. Namun di bulan Ramadhan ini Allah mudahkan hamba-Nya untuk berbuat kebaikan, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah SAW, “Jika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no.3277, Muslim no. 1079).

Dan pada realitanya kita melihat sendiri betapa suasana Ramadhan begitu berbedanya dengan bulan lain. Orang-orang bersemangat melakukan amalan kebaikan yang biasanya tidak ia lakukan di bulan-bulan lainnya. Dan ini berlaku bagi orang yang memilih dan peduli dengan dirinya sendiri, tidaklah berlaku bagi yang meremehkan dan meninggalkan keutamaan Ramadhan.

Harta harus dari yang baik dan halal, yang halal jelas dari hasil usaha yang halal, namun yang baik ialah berpulang kepada perilaku orangnya untuk apa harta tersebut digunakan. Harta yang baik sebagai rezeki dari Allah adalah harta yang tidak menggerogoti jiwa pemiliknya. Harta tersebut tidak seperti air laut, yang setiap kali kita meminumnya jika haus, akan membuat kita makin haus.
Harta yang baik adalah harta yang pemiliknya merasa cukup dengan harta itu, harta yang selalu mengiringi keimanan dan kecintaan kepada Allah. ia tidak silau dengan kemegahan dan kemewahan. Dan inipun karena pilihan atas seorang hamba yang berusaha beramal shaleh, maka Allah akan memudahkannya, menambah keberkahan sebagai modal beramal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *