Pentingnya Bersedekah

Sedekah ~ Kebanyakan orang memahami sedekah hanya pemberian sejumlah uang kepada orang miskin atau mereka yang tidak berkemampuan.
Sehingga seakan-akan sedekah hanya “dimonopoli” oleh orang kaya atau kalangan tertentu saja. Sebenarnya sedekah itu tidak selalu berbentuk pemberian materi. Sedekah juga boleh bermakna pemberian yang bersifat manfaat dll.Rasulullah SAW bersabda:


كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة

“Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit, kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah,kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah,setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).
Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa pentingnya sedekah yang dilakukan oleh seseorang dalam hidupnya selama matahari masih terbit (sebelum hari kiamat)
Diantara sedekah yang dianjurkan dalam hadits di atas adalah:

  1. Mendamaikan Orang yang Bersengketa
    Jika ada dua orang yang bersengketa dan meminta bantuan kita, maka kewajiban kita adalah mendamaikan persengketaan mereka. Hal ini sebagai sedekah
  2. Menolong Orang Lain Menaiki Kendaraan
    Jika ada orang yang sakit atau orang tua yang meminta tolong untuk menaiki kendaraannya. Pertolongan tersebut dianggap sebagai sedekah.
  3. Mengangkat Barang Orang Lain
    Membantu orang lain mengangkatkan barang bawaannya untuk meringankan bebanan yang di bawanya, maka hal itu pun sudah di anggap sebagai sedekah
  4. Melangkah ke Tempat Sholat
    Setiap langkah kaki kita atau menaiki kendaraan menuju ke tempat ibadah untuk mendirikan sholat 5 waktu sudah dianggap sebagai sedekah. Oleh karena itu ringankan langkah kaki kita untuk menuju ke tempat ibadah setiap kali azan berkumandang.
  5. Membuang Duri di Jalan
    Jika kita menjumpai sesuatu di jalanan yang akan menghalang perjalanan seseorang seperti duri, paku, kaca atau lainnya. Membuang atau mengetepikan nya adalah sedekah bagi mereka yang melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *