Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan kita selalu mendengar himbauan dari para ulama agar memperbanyak sedekah. Lalu kenapa kita harus bersedekah lebih optimal di bulan suci ini?

Ada beberapa kemanfaatan utama kenapa kita harus lebih banyak bersedekah di bulan Ramadhan ini. Berikut manfaat-manfaat tersebut

1.Banyak bersedekah pada Ramadhan adalah tuntunan dari Rasulullah Muhammad SAW
Nabi besar ummat Muslim Muhammad Saw memberikan contoh nyata pada diri beliau sendiri, untuk lebih mengoptimal sedekah di bulan Ramadhan.
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari 3554 dan Muslim 2307).

2. Pahala Sedekah Sangat Dilipat gandakan di Bulan Suci Ramadhan
Pada bulan suci Ramadhan semua pahala yang dilakukan oleh ummat Muslim akan dilipatgandakan, termasuk juga diantaranya ibadah sedekah.
“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887).

3. Mendapat Pahala Seperti Orang yang Berpuasa
Rajin Bersedekah diantaranya dengan bersedekah membantu memberi makan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, beroleh pahala sejajar dengan orang yang berpuasa di bulan tersebut. “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192).

4. Menyucikan Orang yang Berpuasa
Saat seorang ummat Muslim berpuasa di bulan Ramadhan, selalu saja terdapat kekurangan atau ketidaksempurnaan dalam ibadahnya. Dengan bersedekah, maka ibadah puasa seorang Muslim tersebut akan disucikan atau disempurnakan.
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan dari kata-kata kotor, juga untuk memberi makan kepada orang miskin.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827).

5. Sedekah Menghapus Dosa
Sedekah mempunyai keistimewaan menghapuskan dosa seorang ummat Muslim. Karena itu dengan banyak bersedekah di bulan suci Ramadhan, diharapkan seorang Muslim bisa benar-benar menghapus dosa-dosa yang telah diperbuatnya.
Sabda Rasulullah Saw,“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

6. Sedekah Menjauhkan dari Api Neraka
Sedekah itu mempunyai kekuatan untuk menjauhkan seorang Muslim dari api neraka. Karena itu, dengan semakin banyak bersedekah di bulan Ramadhan, maka seorang Muslim bisa semakin menjauhi dari ancaman api neraka.
Sabda Rasulullah Saw, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016).

Sedekah di bulan penuh berkah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memberi makan untuk berbuka puasa hingga memberi penerangan lampu di masjid.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa menolong keperluan saudaranya Muslim di bulan Ramadhan, maka Allah Ta’ala akan menolong seribu keperluan/hajatnya di hari kiamat”.

 

Karena itu, yuk mari kita mengoptimalkan bersedekah di bulan suci Ramadhan ini. Mumpung, masih hari-hari awal puasa, kesempatan bersedekah kita masih terbuka luas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *